Thursday, April 21, 2011

Tekhnologi Baru, Hidup Mandiri dan Hidup Bersosialisasi

Salah satu hal yang menunjukkan adanya perubahan zaman yakni mulai banyaknya Tekhnologi Baru yang muncul untuk membuat berbagai pekerjaan dan kebutuhan manusia menjadi lebih mudah. Baik itu berbagai mesin canggih maupun perkembangan pada media massa. Khusus pada Tekhnologi Baru pada media massa yang dimaksud disini adalah Internet. Dengan hadirnya internet informasi dapat dengan mudah dan cepat untuk di dapat. Hal tersebut menimbulkan sisi positif dan negatif bagi pola hidup masyarakat banyak. Sisi positif dari perkembangan tekhnologi bagi media massa tentu saja publik tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Namun di sisi lain efek negatif yang ditimbulkannya juga tidak sedikit, diantaranya privacy seseorang menjadi mudah terbuka bagi publik, Banyak pula berita yang tidak terjamin kebenarannya (isu) yang merugikan bagi individu atau sekelompok orang yang terkait.

Pernahkah anda melihat tanaman parasit yang hidup menumpang ditumbuhan lain? juga bisakah anda merasakan orang-orang disekeliling yang berprilaku seperti tanaman diatas? kalau tanaman parasit memang sudah ditakdirkan hidup menumpang, tetapi manusia hidup diberi pikiran dan hati untuk mengarahkan jalan hidup mereka, jadi mengapa harus malas? Dalam perjalanan hidup ini kita dituntut Hidup Mandiri jangan tergantung atau mengharapkan orang lain yang menopang hidup kita membiasakan diri mencari kekuatan orang lain sangatlah tidak baik, ini merupakan permulaan dari kebiasaan yang bakal sulit di ubah, dan seterusnya tidak dapat mandiri, selalu menggantungkan diri pada orang lain hidup kita ibarat parasit yang menumpang. jika tak mau dikatakan parasit, maka mulai dari sekarang! cobalah hidup mandiri, tentukan sendiri apa yang kita mau,kita lakukan, dan kita cita-citakan bahwa sesungguhnya setiap kita telah diberi keistimewaan masing-masing, sadarilah bahwa dalam diri kita tersimpan kekuatan yang menakjubkan dan menyadari bahwa sebenarnya kita adalah pribadi yang tangguh.
Inti hidup mandiri adalah yang paling utama, janganlah mempergantungkan diri kita pada orang lain lakukan hal yang bisa kita lakukan dengan kemampuan kita, tinggalkan kemalasan dalam diri kita,timbulkan kekuatan bahwa kita bisa menjalani semua dengan kepercayaan diri yang kokoh.


sumber : http://www.dinohp.info/2009/03/hidup-mandiri.html

Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial, dimana ia tak akan mampu hidup tanpa bersosialisasi dengan manusia lainnya. Namun seiring perkembangan zaman mulai berubah pula sistem sosialisasi yang terjadi di masyarakat modern. Munculnya dunia maya (internet) memberikan pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Dulu banyak bermunculan tempat - tempat berkumpul bagi beragam komunitas, namun kini, warnet (warung internet) telah menjamur dimana - mana. Contoh lainnya, dahulu banyak terlihat anak - anak usia belasan bermain di taman, berlarian dengan penuh semangat kemanapun bersama banyak temannya, namun kini, mereka lebih memilih duduk berjam - jam di depan layar komputer asik bergaul dengan teman - teman dunia maya masing - masing...

Social Network

Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.


Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

sumber : http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking


Jumlah Anak Pengguna Jejaring Sosial Meningkat 
Berdasarkan survei terbaru Komisi Eropa (EC), jumlah anak yang menggunakan situs jejaring sosial mengalami peningkatan. Bahkan, 50 persen dari anak usia 9 hingga 12 tahun di Inggris sudah memiliki profil di dunia maya.
EC mengungkapkan secara keseluruhan, 43 responden muda yang mereka survei memiliki profil online. Khusus untuk kelompok usia 13 hingga 16 bahkan mengalami peningkatan hingga 88 persen.
 
Demikian hasil survei terhadap 25 ribu remaja di seluruh Eropa sebagaimana dilansir Daily Mail, Selasa (19/4/2011). Satu dari 10 responden mengklaim memiliki profil publik, di mana seperlimanya mengaku menampilkan alamat dan nomor telepon mereka.
 
Kelompok usia 9 hingga 12 lebih mungkin menampilkan informasi penting mereka di domain publik. Namun hanya setengah dari responden usia 11 dan 12 tahun mengaku memahami cara mengganti pengaturan privasi di berbagai media sosial.
 
Hasil survei ini jelas mengkhawatirkan, mengingat begitu rapuhnya pengguna internet usia muda. "Jumlah anak yang mengakses jejaring sosial meningkat, tapi kebanyakan dari mereka belum melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri mereka sendiri," cetus Neelie Kroes selaku komisioner Uni Eropa untuk agenda digital.
 
"Seluruh situs jejaring sosial harus segera membatasi akses profil anak-anak ini hanya kepada daftar kontak yang telah disetujui serta melalui mesin pencari," lanjut Kroes.
 
Kroes juga mengimbau agar situs-situs yang belum terdaftar dalam regulasi Uni Eropa terkait penggunaan jejaring sosial yang aman untuk segera mendaftarkan diri.
 
Pada 2009 lalu, 17 perusahaan termasuk Bebo, Google dan YouTube, Microsoft Europe, Myspace dan Yahoo Europe telah mendaftarkan diri dalam regulasi tersebut guna meningkatkan keamanan pengguna jejaring sosial di bawah usia 18.
sumber : okezone.com

Media Percepatan & Peningkatan Kecepatan File

Remote Control cukup membantu saya saat sedang melihat pertandingan sepak bola pada dini hari. Ketika kerap kali saya tertidur saat pertandingan tengah berlangsung. Saya dapat mengatur secara otomatis timer dengan durasi 120 menit (sesuai dengan lamanya pertandingan berlangsung). Lain cerita dengan remote pada DVD olayer yang memiliki banyak option pada keypad remote tersebut yang membuat saya cukup pusing dengan masing - masing kegunaan dari tiap tombol yang terdapat pada remote tersebut.

tentunya perkembangan tekhnologi yang semakin cepat sangat membantu dalam aktivitas dalam hidup sehari - hari. dimana segalanya dituntut untuk serba cepat (instan) dan praktis. terutama dalam media informasi, semakin cepatnya info yang didapat terdapat pula sisi positif dan negatifnya masing - masing. Sisi negatif yang paling jelas terlihat adalah cepatnya media menghasilkan banyaknya info yang tidak akurat (isu) beredar luas di masyarakat.

Sekalipun "emenci" grup menciptakan berbagai program menarik di berbagai stasiun televisi yang ia miliki, hal tersebut menurut saya tidak terlalu mempengaruhi rating dari stasiun televisi lainnya. Karena setiap stasiun televisi menurut saya telah menetapkan target audience mereka masing - masing. Jika berdasarkan pandangan saya, beberapa stasiun tersebut memiliki fokus target audience masing - masing seperti di antaranya TransCorp yang terlihat lebih fokus pada program entertainment, TvOne yang fokus dengan program - program berita, sementara "emenci" grup yang diwarnai dengan berbagai program keluarga.

Layanan web sejauh ini sebenarnya sudah cukup memuaskan. Apapun jenisnya tidak membuat saya terganggu dalam penggunaan internet sehari - hari. Namun beberapa situs web yang entah asal - usulnya dari mana, biasanya membawa beragam oleh - oleh yakni virus yang sangat merugikan para pengguna internet. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan media yang satu ini.

Berbicara mengenai berbagai fitur baru yang memungkinkan untuk berkomunikasi jarak jauh secara pribadi saya kurang menyukainya. Saya yang telah merasakan indahnya bersosialisasi secara tatap muka, bergaul, memiliki komunitas dimana setiap individu saling bertemu hampir tiap pekan. Kini sulit melakukannya, banyak orang mulai "autis" karena perkembangan tekhnologi tersebut. Meskipun saya juga tidak menampik bahwa sayapun menjadi salah satu korban "pecandu" media dunia maya. Namun saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk bersosialisasi dengan banyak orang dengan cara konvensional.

Berbagai hal di lakukan dalam satu waktu. Buat saya itu merupakan suatu hal yang sulit dan hampir tidak pernah saya lakukan. Karena biasanya saya hanya dapat konsentrasi pada satu hal, jadi meskipun saya mengerjakan beberapa kegiatan dalam satu waktu, dapat di pastikan hanya satu kegiatan yang dapat saya kerjakan dengan baik.

Thursday, April 14, 2011

e-Relations

Kegiatan kehumasan di sebuah perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk membangun citra perusahaan. Kehumasan dipahami menjadi sebuah senjata ampuh untuk mempengaruhi opini publik kepada perusahaan, tetapi kendala terbesar dalam perkembangan Kehumasan di Indonesia adalah kesalah pahaman para pembuat keputusan di perusahaan dalam menanggapi kegiatan kehumasan. Banyak yang berpikir bahwa kehumasan hanyalah memajang wanita cantik sebagai pegawai humas yang pandai berbicara mewakili perusahaan. Padahal fungsi humas jauh lebih berarti dari sekedar jual tampang dan pandai berbicara.

Seorang humas wajib mampu membuat sebuah program kehumasan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Program kehumasan terbagi pada segmentasi program itu sendiri, yaitu :
1. Customer Relations
2. Employee Relations
3. Community Relations
4. Government Relations
5. Media Relations
Masing-masing target market mempunyai kepentingan yang berbeda-beda pada perusahaan dan hubungan baik dan citra baik yang patut dibangun dan dijaga oleh kegiatan kehumasan pada setiap stakeholder perusahaan.


E-Public Relations Sebagai Sebuah Kampanye Kehumasan

Istilah e-public relations mungkin masih sulit dicerna bagi para praktisi Kehumasan Indonesia. E-public relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di Internet.
Bahkan kegiatan kehumasan bisa lebih fleksibel dari yang dilakukan di dunia nyata, ketika program kehumasan konvensional mengeluarkan budget hampir ratusan juta dalam sebuah perusahan besar, jika program tersebut dilakukan melalui Internet akan jauh lebih murah.
Apa saja yang bisa dilakukan Humas dalam melakukan kegiatan kehumasan di Internet ?

1. Publikasi
Kegiatan publikasi yang di lakukan Humas dalam internet dapat dilakukan dengan jalan mengikuti mailing list-mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan kita. Banyaklah menuliskan tulisan berupa artikel, press release mengenai perusahaan anda dalam milis tersebut. Dengan begitu seluruh anggota milis akan kena terpaan publikasi yang telah Humas lakukan.
Selain mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan, humas juga harus secara berkesinambungan memproduksi e-newsletter kepada member website perusahaan anda. Tetapi, jangan sekali-kali melakukan spamming terhadap pengguna internet, karena dengan melakukan spamming maka kredibilitas perusahaan anda akan hancur. Karena spamming adalah kegiatan berkonotasi negatif bagi pengguna internet, spamming bisa dikatakan sebagai kegiatan yang memaksakan kehendak dalam memberikan informasi. Jalan yang paling aman adalah mengirimkan newsletter pada anggota website anda yang secara sukarela mendaftarkan alamat emailnya untuk dikirimkan informasi tentang perusahaan anda.

2. Menciptakan Berita (Media Relations)
Untuk menjaga hubungan baik dengan wartawan dapat dilakukan melalui email, jika seorang humas mempunyai database alamat email seorang wartawan akan lebih sangat mudah dalam mengirimkan siaran pres. Jika perusahaan anda mempunyai siaran pres yang butuh disampaikan dengan segera, anda tinggal sekali “click” maka siaran pres anda akan langsung sampai di meja wartawan.
Untuk tetap menjaga hubungan baik, anda bisa menyapa wartawan tersebut lewat email menanyakan kabar wartawan tersebut dan kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan. Malah jika anda sudah sangat akrab dengan wartawan tersebut anda dapat melakukan wawancara / konferensi dengan menggunakan Instant Messenger seperti Yahoo Messenger, ICQ, atau yang lainnya.
Keuntungan melakukan kegiatan media relations dengan Internet adalah anda sebagai seorang humas sangat memudahkan para kuli tinta tersebut melakukan pekerjaannya. Bayangkan jika mereka harus melakukan wawancara dengan mendatangi kantor anda, akan membuang waktu perjalanan yang cukup lama. Tetapi jika melakukan wawancara dengan melalui Instant Messenger, kerja para wartawan akan lebih mudah, hanya duduk di meja mereka, login, dan langsung dapat wawancara. Hasil wawancara langsung dapat dirangkum dalam bentu teks yang dapat diformat dalam MS word.

Friday, April 8, 2011

Memburu jejak hantu dengan bantuan kucing


Konon hewan seperti kucing dan anjing bisa"menangkap" kehadiranmakhluk halus, hal itu juga dipercaya oleh sebagian orang Barat. Bedanya, mereka memanfaatkan"kelebihan" kucing itu untuk memotret apa yang disebut sebagai makhluk halus.

Seperti yang dilakukan oleh Willie bos Jura Cochrane tempat hiburan, hotel dan pabrik wisky di pulau Hebridien, Inggris.

Dia sengaja memasang kamera jarak jauh pada kucing bernama Elvis untuk merekam jejak hantu yang konon sering mengganggu di lingkungan pabrik penyulingan wisky dan sekelilingnya.

Sebagaimana dirilis the sun (30/10/2010), Elvis si kucing berkamera itu berhasil memotret sebuah objek yang diyakini sebagai hantu pengganggu sejak 200 tahun terakhir ini.

Diceritakan, kucing itu tampak sedang mengejar objek yang mungkin dikira tikus berlari untuk diburu. Dari beberapa foto yang dihasilkan setelah dianalisa ada beberapa hasil jepretan kucing yang menggambarkan kondisi hantu dimaksud.

Foto yang dipublikasikan itu menunjukkan sebuah "hantu" yang berbentuk seperti kucing sedang memanjat dinding. Hantu itu terbentuk oleh asap putih posisi berlari mengejar objek di pinggir jendela. Tidak ada siapa siapa di lokasi itu.

Willie si bos mengatakan,"Kami tahu bahwa Elvis (kucing) mempunyai beberapa kelebihan khusus. Tetapi melihat roh orang yang telah mati adalah suatu hal baru bagi kami," katanya.

Kebanyakan foto-foto yang didownload tidak "bunyi" atau unviewable tapi gambar satu itu sangat mengejutkan.

Memang sudah banyak didengar terkait kisah kisah hantu tua di Jura itu, tapi foto jepretan Elvis si kucing itu memperkaya koleksi dalam katalog mistisnya.

Elvis kucing yang berusia 4 tahun itu sengaja dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk menangkap pemandangan "aneh" di pulau Hebridien, Inggris saat acara festival musik musim panas.
Diceritakan, kucing itu tampak sedang mengejar objek yang mungkin dikira tikus berlari untuk diburu. Dari beberapa foto yang dihasilkan setelah dianalisa ada beberapa hasil jepretan kucing yang menggambarkan kondisi hantu dimaksud.
Atas prestasi si kucing itu, ruangan tempat lokasi pemotretan hantu itu justru bisa disewakan kepada para penggemar wisky dengan tarif 2.500 euro atau sekitar Rp 30 juta per malam.

Staf di tempat hiburan itu mengatakan, banyak tamu yang tinggal di kamar gedung itu takjub dan ketagihan karena sering terbangun tengah malam oleh suara misterius.

Bahkan mereka menyaksikan mebel bergerak sendiri dan pintu juga buka tutup sendiri lengkap dengan kehadiran hawa dingin semerbak. Siapa mau menginap di kamar ini?

10 Ponsel Android terbaik didunia

Kehadiran sistem operasi ponsel besutan Google, Android menyita perhatian sejumlah vendor ponsel dunia. Sejumlah vendor, berbondong-bondong berupaya membenamkan 'robot hijau' alias android di ponsel keluarannya. Dari beberapa model ponsel yang dikeluarkan vendor, ada beberapa ponsel yang dikategorikan sebagai ponsel Android terbaik. Dan untuk mengoptimalkan ponsel android Anda, pastikan menggunakan paketmobile internet dari XL. Berikut 10 Ponsel Android berdasarkan segi kemampuan dan fitur 

1. HTC Droid Incredible

http://www.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2010/04/htc-droid-incredible-e5.jpg 

2. Google Nexus One

http://naxsboxers.files.wordpress.com/2010/02/google-nexus-one1.jpg

3. Motorola Droid
http://www.uncrate.com/men/images/2009/09/motorola-cliq.jpg 

4. Motorola Cliq

http://www.feedberry.com/wp-content/uploads/Motorola-Droid-GSM-Android-20-2.jpg 

5. Samsung Behold II

http://www.devicedaily.com/wp-content/gallery/80/samsung-behold-ii-cell-phone.jpg 

6. Samsung Moment

http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2009/10/samsung-moment-hands-on-22-sm.jpg 

7. HTC Droid Eris

http://android.1800pocketpc.com/wp-content/uploads/2009/11/HTC-droid-Eris.jpg 

8. HTC Hero

http://www.unwiredview.com/wp-content/uploads/2009/05/htc-hero-g3-1.jpg

9. myTouch 3G (TMobile)
http://www.new-cell-phones.org/wp-content/uploads/2009/07/t-mobile-mytouch-3g-03.jpg

10
. Motorola Devour
http://www.feedberry.com/wp-content/uploads/2010/02/37298_Motorola_DEVOUR_FrontOpen.jpg

Foto-foto buaya yg tewas dicabik-cabik singa karena akan memangsa anaknya


Momen ini sangat langka setidaknya jarang sekali bisa diabadikan oleh kamera, betapa tidak hewan sekelas buaya yang kulitnya keras dan buas dimangsa dan dijadikan bulan-bulanan para singa karena mencoba memangsa bayi singa. Adegan langka ditangkap oleh Tony Goldman sementara di perjalanan safari ke Duba Plains, di Botswana. Semua berlansung sekitar 15 menit. Tony yang seorang kardiolog tersebut menyaksikan momen langka ini bersema dengan anaknya di kawasan Taman Safari Afrika.

Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya
Singa memangsa buaya

Thursday, April 7, 2011





Kongres 20 Mei Minimkan Sengketa Kasus PSSI...


Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar, Rabu (6/4) menjelaskan, komite mengundang 39 klub Divisi Utama untuk menyepakati penentuan 16 klub peserta kongres menunggu kompetisi berakhir.

"kami berusaha supaya tidak ada sengketa saat kongres, seperti yang terjadi sebelumnya." ujar anggota komite normalisasi PSSI, Joko Driyono, di sekretariat PSSI, Senayan, Jakarta.

Mengenai jadwal tahapan kongres, Joko menjelaskan, pembukaan pendaftaran calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif PSSI, 12 - 17 April. Untuk menjunjung asas demokrasi, semua klub peserta kompetisi Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi I, Divisi II dan Divisi III boleh mengajukan calon. Namun, pada saat kongres, hanya 100 pemilik suara yang memiliki hak untuk memilih.

Komite normalisasi juga mengagendakan pertemuan dengan 100 pemilik suara, termasuk 78 pemilik suara peserta kongres di Pekanbaru. Pertemuan di agendakan pada 16 April di sekretariat PSSI. Pertemuan itu membahas tentang Liga Primer Indonesia (LPI) dan pembentukan komisi banding.

Mengenai kompetisi LPI, Agum mengatakan, akan mencari solusi melalui konsultasi dengan PT Liga Indonesia dan konsorsium LPI. "kami tidak bisa langsung memutuskan sebelum berkonsultasi dengan semua pihak." ujar Agum.

"Ada inisiatif dari pak Agum untuk berangkat ke Zurich (Swiss). Mengenai agenda, saya tidak bisa memastikan karena tadi di rapat tidak di bahas secara detail. Yang pasti untuk berdiskusi secara langsung dengan FIFA untuk memperjelas untuk semua masalah ini." ujar Joko Driyono.
(kompas, 7 April 2011)

dengan akan berlangsungnya kongres tersebut, kita harapkan kasus yang berada di dalam tubuh PSSI dapat segera terselesaikan. Agar tidak memberikan pandangan negatif terhadap PSSI yang semakin berlebihan. Tentunya penyelesaian kasus PSSI ini juga akan turut membantu perkembangan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju di masa depan. Amien...

Media Tradisional Versus New Media

Kami adalah media baru. Tidak perlu uang untuk membeli kertas. Tidak perlu uang untuk membeli tinta.
Kami cuma berbekal waktu, bandwidth, informasi dan segumpal daging diantara telinga kami.
Kami tidak minta pengakuan. Kami tidak berniat menjatuhkan. Karena itu akan terjadi dengan sendirinya. :p
Kamu sudah punya dunia yang begitu luas diluar sana dimana kami tunduk pada aturan-aturanmu.
Ini adalah dunia kami. Taman bermain raksasa kami yang tanpa batas.
Disini: Those who can do, rule. Those who wish to rule, learn.
SELAMAT DATANG DI INTERNET.
Enda Nasution's weblog


Nothing endures but changes ...
Tidak ada yang abadi kecuali perubahan. Itulah kata-kata Heraclitus, filsuf asal Yunani yang hidup di abad kelima.
Karena perubahan adalah suatu keniscayaan, maka hal terbaik untuk menghadapinya adalah dengan beradaptasi. Hal itu juga berlaku dalam dunia media massa, di mana media tradisional tidak seharusnya khawatir terhadap perkembangan media elektronik saat ini.
"Media tradisional tidak akan mati dan media baru tidak akan membunuh media tradisional. Yang terjadi adalah kolaborasi," ujar Andi Sadha, chairman acara Asia Pacific Media Forum, dalam pembukaan APMF di Nusa Dua, Bali.
Hal itu dibenarkan Rob Allyn, salah satu pembicara kunci di acara tersebut, yang mengatakan bahwa media baru beserta teknologinya bukan sesuatu yang harus ditakuti, melainkan harus dirangkul. "Media akan terus berubah dan berkembang. Maka, cara paling bijaksana menyambutnya adalah dengan merangkulnya," ujar Allyn.
Senada dengan Andi Sadha, Allyn mengatakan bahwa media tradisional tidak akan mati. "Seandainya mati sekalipun, dalam hal ini surat kabar, maka ia dapat bereinkarnasi menjadi media baru yang lebih baik. Dengan catatan, ia memiliki konten yang berkualitas. Artinya, konten menjadi sesuatu yang penting dalam kelahiran kembali itu."

palembang.tribunnews.com/view/37168/media_baru_bukan_pembunuh_media_lama

Perkembangan Cyber Komunikasi

New media memberikan gambaran-gambaran baru terciptanya komunikasi dunia cyber. Media baru ini memberikan ruang dalam dinamika sosial masyarakat termasuk komunikasi, telematika, ilmu pengetahuan, budaya, sosiologi dan lain sebagainya dengan perkembangan berbagai macam varian. Gambaran umum relitas new media memberikan konsep pola komunikasi yang tidak ada batasan antara penyampai pesan dan penerima pesan sehingga ruang media baru tersebut lebih mudah memberikan asas timbal balik. Secara dasar media baru internet hampir memiliki semua kebutuhan sosial masyarakat mulai informasi, media teks, radio, TV dan segala jenis media tergabung didalamnya.

Burhan Burgin (2009 : 296), Teori komunikasi dunia maya atau yang sering di kenal teori Cybercommunity merupakan teori paling akhir dalam pengembangan ilmu komunikasi atau sosiologi komunikasi. Kajian-kajian tentang perkembangan teknologi telematika menjadi sangat urgen terutama yang berhubungan dengan perkembangan media baru. New media banyak menekankan bagaimana kontruksi sosial media memberi kontribusi terhadap kehidupan manusia secara keseluruhan. Persoalan cyber seperti perumpamaan “ruang waktu” bahwa manusia memiliki kehidupan baru diatas dunia nyata.
Teori ini lebih menekankan kelompok sosial yang berkembang didalam dunia maya. Bagaimana terciptanya kelompok-kelompok, bagaimana komunikasi kelompok dan bagaimana sebuah media kelompok di dunia maya mekontruksi pesan penggunanya.
Saverin dan tankard (2005) dalam bukunya teori komunikasi menjelaskan tentang teori komunikasi dunia maya, meliputi aspek aspek penting teori komunikasi dunia maya, yaitu
1. Konsep dasar komunikasi digital , cyber space, virtual reality (VR), komunitas maya (virtual community ) chat room, multy user domain (MUD), inter aktifitas , hypertext, dan multimedia
2. Gagasan McLuhan tentang perkembangan media baru (New media) melibatkan kesenjangan pengetahuan kredibilitas media penentuan agenda manfaat dan gratifikasi, pembauran inovasi dan lain lain.
3. Riset- riset baru pada komuniksai dunia maya yaitu mediamorfosis, riset tentang hypertext, riset multimedia, riset desain antar muka (komunikasi dua arah) riset eros digital atau cinta online, riset kecanduan internet dan depresi.
Konsep virtualitas dipandang sebagai sifat kemayaan yang tercipta akibat mekanisme jaringan komputer (cyberspace), akan tetapi melingkupi konsep maya dalam pengertian yang lebih luas, yang tercipta dalam ruang – ruang yang lebih luas. ( yasraf 2006 : 29)
Dikaitkan dengan sub judul diatas teori cybercommunity dianggab penting karena merumuskan sejauh mana teknologi informasi seperti sosial networking berperan serta menciptakan konsep nasionalisme kekinian dengan pembentukan kelompok dalam dunia maya. Dalam kelompok dunia maya banyak faktor yang membuat seseorang menikmati dinamika kelompok antara lain unsur ketidak sengajaan individu serta proses pencarian kelompok.
Didalam dunia maya kelompok tidak mencari individu namun lebih kepada individu yang mencari kelompok. Terciptanya grup di ruang maya lebih menekankan minat individu untuk bergabung dengan kelompok yang sudah ada atau sebaliknya individu dapat menciptakan kelompok sesuai dengan keinginan dan minatnya.

www.facebook.com/group.php?gid=408537800210