Thursday, May 5, 2011

E-Zine (elektronik magazine)

definisi e-zine
kerap di artikan sebagai versi on-line dari sebuah majalah.
Misal : tempoonline, swaonline, timeonline, NewsWeekonline, hotwired, TheWallStreetjournal.com, dsb.
seperti juga majalah tercetak, e-zine menampilkan sejumlah informasi, artikel opini, ulasan, dsb.
Begitu pula ada iklan, artikel, sponsor, dll.
Ada juga e-zine yang bersifat jurnal, hanya berisi artikel-artikel yang menambahkan suatu topik secara ilmiah dan profesional.

Format
e-zine bisa berbasis web maupun email. Yang paling populer adalah berbasis email. Majalah maya dikirimkan ke alamat pelanggan melalui email.
untuk berlangganan kita harus mendaftarkan diri, bisa dikenakan biaya maupun tidak.
Dengan pertimbangan keringkasan dan mudah diunduh (download), biasanya e-zine tidak memuat artikel dalam bentuk lengkap, melainkan hanya 2-3 alinea saja.
Jika khalayak tertarik, ia akan mengklik bagian tertentu sehingga bisa mendapatkan artikel selengkapnya.

Periode Terbit
e-zine terbit berkala biasanya (mingguan, dwimingguan, bulanan,dsb)secara teratur dan memiliki rubrikasi yang tetap pula sebagaimana pada majalah umumnya.
beda dengan blog yang disusun secara terbalik (isi terbaru ditempatkan paling atas), e-zine ditata layaknya sebuah majalah dengan tampilan website.
Halaman muka umumnya berisi laporan utama yang bisa di-click untuk mendapatkan versi lengkapnya.
dikiri atau kanan headline, terpampang rubrik-rubrik lain lengkap dengan judul dan nukilan isinya. Untuk membaca isi rubrik ini lebih lengkap kita tinggal mengkliknya.

Web-base e-Zine
- Majalah on-line yang berupa situs web tertentu. Biasanya merupakan versi online dari majalah tercetak.
- Untuk mengakses e-Zine berbasis web, pembaca harus proaktif mengakses ke situs tersebut, sehingga bisa membaca info-info terbaru yang disajikan di e-Zine tersebut dari halaman ke halaman.
- Format e-Zine berbasis web ini umumnya seperti majalah tradisional, isinya pun kurang lebih sama...

e-mail based e-Zine
- e-Zine berbasis e-mail biasanya lebih berorientasi kepada isi.
- untuk memperoleh e-Zine berbasis email ini khalayak harus berlangganan.
- karena dikirimkan melalui email, sirkulasinya bisa mencapai ratusan ribu dan tersebar ke seluruh dunia.

Mengapa harus ada e=Zine ?
- Biasanya tidak bermotif komersil murni, lebih kepada menyebarkan visi, misi, gagasan, dan opini untuk mempengaruhi khalayak.
- Biasanya memiliki niche market yang sempit, sehingga akan mahal jika diterbitkan dan didistribusikan secara tradisional.
- Biaya produksi rendah, tidak perlu biaya cetak dan distribusi.
- Jamgkauan khalayak menjadi relatif tidak terbatas.
- Lebih Timeless, karena archive-nya tersimpan di server situs dan tetap bisa diakses khalayak setiap saat.

No comments:

Post a Comment