Thursday, April 21, 2011

Tekhnologi Baru, Hidup Mandiri dan Hidup Bersosialisasi

Salah satu hal yang menunjukkan adanya perubahan zaman yakni mulai banyaknya Tekhnologi Baru yang muncul untuk membuat berbagai pekerjaan dan kebutuhan manusia menjadi lebih mudah. Baik itu berbagai mesin canggih maupun perkembangan pada media massa. Khusus pada Tekhnologi Baru pada media massa yang dimaksud disini adalah Internet. Dengan hadirnya internet informasi dapat dengan mudah dan cepat untuk di dapat. Hal tersebut menimbulkan sisi positif dan negatif bagi pola hidup masyarakat banyak. Sisi positif dari perkembangan tekhnologi bagi media massa tentu saja publik tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Namun di sisi lain efek negatif yang ditimbulkannya juga tidak sedikit, diantaranya privacy seseorang menjadi mudah terbuka bagi publik, Banyak pula berita yang tidak terjamin kebenarannya (isu) yang merugikan bagi individu atau sekelompok orang yang terkait.

Pernahkah anda melihat tanaman parasit yang hidup menumpang ditumbuhan lain? juga bisakah anda merasakan orang-orang disekeliling yang berprilaku seperti tanaman diatas? kalau tanaman parasit memang sudah ditakdirkan hidup menumpang, tetapi manusia hidup diberi pikiran dan hati untuk mengarahkan jalan hidup mereka, jadi mengapa harus malas? Dalam perjalanan hidup ini kita dituntut Hidup Mandiri jangan tergantung atau mengharapkan orang lain yang menopang hidup kita membiasakan diri mencari kekuatan orang lain sangatlah tidak baik, ini merupakan permulaan dari kebiasaan yang bakal sulit di ubah, dan seterusnya tidak dapat mandiri, selalu menggantungkan diri pada orang lain hidup kita ibarat parasit yang menumpang. jika tak mau dikatakan parasit, maka mulai dari sekarang! cobalah hidup mandiri, tentukan sendiri apa yang kita mau,kita lakukan, dan kita cita-citakan bahwa sesungguhnya setiap kita telah diberi keistimewaan masing-masing, sadarilah bahwa dalam diri kita tersimpan kekuatan yang menakjubkan dan menyadari bahwa sebenarnya kita adalah pribadi yang tangguh.
Inti hidup mandiri adalah yang paling utama, janganlah mempergantungkan diri kita pada orang lain lakukan hal yang bisa kita lakukan dengan kemampuan kita, tinggalkan kemalasan dalam diri kita,timbulkan kekuatan bahwa kita bisa menjalani semua dengan kepercayaan diri yang kokoh.


sumber : http://www.dinohp.info/2009/03/hidup-mandiri.html

Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial, dimana ia tak akan mampu hidup tanpa bersosialisasi dengan manusia lainnya. Namun seiring perkembangan zaman mulai berubah pula sistem sosialisasi yang terjadi di masyarakat modern. Munculnya dunia maya (internet) memberikan pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Dulu banyak bermunculan tempat - tempat berkumpul bagi beragam komunitas, namun kini, warnet (warung internet) telah menjamur dimana - mana. Contoh lainnya, dahulu banyak terlihat anak - anak usia belasan bermain di taman, berlarian dengan penuh semangat kemanapun bersama banyak temannya, namun kini, mereka lebih memilih duduk berjam - jam di depan layar komputer asik bergaul dengan teman - teman dunia maya masing - masing...

No comments:

Post a Comment